ANALISIS PERAN E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PADA AKUN INSTAGRAM “@KULINERBENGKULU” SEBAGAI REFERENSI KULINER DI KOTA BENGKULU

Desniarti, Rini (2024) ANALISIS PERAN E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PADA AKUN INSTAGRAM “@KULINERBENGKULU” SEBAGAI REFERENSI KULINER DI KOTA BENGKULU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
skripsi rini cetak benar.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam hasil penelitian ini menunjukan bahwa Electronic Word of Mouth (E-WOM) yang terdapat pada akun Instagram "@KulinerBengkulu" berperan dalam pembentukan presepsi konsumen terhadap referensi kuliner yang di tampilkan pada akun @Kulinebengkulu, di mana E-WOM tersebut berperan sebagai rujukan sebagaimana konsumen memilih tempat makan atau mengetahui makanan yanag sedang viral dan juga menjadi referensi kuliner di kota Bengkulu. bentuk modern dari word of mouth yang terjadi secara online melalui media sosial, memainkan peran penting dalam keputusan konsumen. Akun Instagram "@KulinerBengkulu" telah menjadi sumber informasi yang populer di kalangan masyarakat Bengkulu untuk mencari rekomendasi tempat makan, menu makanan, dan ulasan kuliner lainnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan mengamati dan menganalisis berbagai postingan, komentar, dan interaksi pengguna di akun tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM yang terjadi di akun "@KulinerBengkulu" memiliki dampak signifikan terhadap persepsi dan keputusan konsumen dalam memilih tempat makan. Dengan kata lain, akun ini memanfaatkan E-WOM secara efektif untuk membangun reputasi dan kepercayaan konsumen. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis kuliner dan pengelola akun media sosial tentang pentingnya E-WOM dalam strategi pemasaran dan peningkatan daya tarik usaha merekaDalam hasil penelitian ini menunjukan bahwa Electronic Word of Mouth (E-WOM) yang terdapat pada akun Instagram "@KulinerBengkulu" berperan dalam pembentukan presepsi konsumen terhadap referensi kuliner yang di tampilkan pada akun @Kulinebengkulu, di mana E-WOM tersebut berperan sebagai rujukan sebagaimana konsumen memilih tempat makan atau mengetahui makanan yanag sedang viral dan juga menjadi referensi kuliner di kota Bengkulu. bentuk modern dari word of mouth yang terjadi secara online melalui media sosial, memainkan peran penting dalam keputusan konsumen. Akun Instagram "@KulinerBengkulu" telah menjadi sumber informasi yang populer di kalangan masyarakat Bengkulu untuk mencari rekomendasi tempat makan, menu makanan, dan ulasan kuliner lainnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan mengamati dan menganalisis berbagai postingan, komentar, dan interaksi pengguna di akun tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM yang terjadi di akun "@KulinerBengkulu" memiliki dampak signifikan terhadap persepsi dan keputusan konsumen dalam memilih tempat makan. Dengan kata lain, akun ini memanfaatkan E-WOM secara efektif untuk membangun reputasi dan kepercayaan konsumen. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis kuliner dan pengelola akun media sosial tentang pentingnya E-WOM dalam strategi pemasaran dan peningkatan daya tarik usaha mereka

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Fitria Yuliani, MA
Uncontrolled Keywords: E-WOM, Instagram, Kuliner, Bengkulu, Media Sosial, Referensi Kuliner.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:51
Last Modified: 30 Sep 2024 03:51
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item