KEPEMIMPINAN PEDAGOGI

Asmara, Adi and Ramadianti, Winda and Raflesia, Rina (2023) KEPEMIMPINAN PEDAGOGI. CV. Edupedia Publisher, Bengkulu.

[img] Text
Kepemimpinan Pedagogi.pdf

Download (870kB)

Abstract

Kepemimpinan pedagogi adalah suatu pendekatan kepemimpinan yang berfokus pada pengembangan kemampuan individu, pertumbuhan profesional, dan pencapaian hasil pembelajaran yang berkualitas dalam konteks pendidikan. Kepemimpinan pedagogi memainkan peran penting dalam mengarahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan, seperti sekolah, universitas, atau lembaga pelatihan. Kepemimpinan pedagogi bukan hanya tentang mengelola sebuah lembaga pendidikan, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang efektif, berkualitas, dan inklusif. Pemimpin pedagogi memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan pendidikan dan membantu individu mencapai potensi mereka secara maksimal. Kepemimpinan pedagogi mencakup beragam peran dan tanggung jawab yang membentuk pendidikan modern. Pemimpin pendidikan yang efektif harus mampu mengatasi berbagai tantangan dan isu-isu yang muncul dalam dunia pendidikan saat ini. Mereka adalah penggerak utama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa serta berkontribusi pada masa depan pendidikan yang lebih baik dan inklusif. Kepemimpinan pedagogi adalah peran yang kompleks dan berkelanjutan. Seorang pemimpin pedagogi harus selalu beradaptasi dengan perubahan dalam pendidikan, menggabungkan inovasi dalam i pengajaran dan pembelajaran, dan memprioritaskan kesejahteraan siswa serta pengembangan profesional guru. Mereka juga harus memiliki visi yang jelas untuk masa depan pendidikan dan kemampuan untuk menginspirasi, mengarahkan, dan memotivasi semua pemangku kepentingan pendidikan untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan pedagogi yang kuat dan efektif berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan, perkembangan siswa, dan keberhasilan sekolah secara keseluruhan. Oleh karena itu, mengenali peran dan tanggung jawab kepemimpinan pedagogi serta terus-menerus mengembangkan keterampilan kepemimpinan adalah langkah kunci dalam meningkatkan sistem pendidikan dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Item Type: Book
Subjects: L-Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
P-Bahasa dan Sastra > Sastra Indonesia
P-Bahasa dan Sastra > Pedagogi
Divisions: 08-Program Pascasarjana > 86110-(S2) Pedagogi
Depositing User: Unnamed user with email kabagserv@umb.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:33
Last Modified: 16 Jan 2024 04:33
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item