MODEL-MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMKN 4 LEBONG (Studi Kasus Siswa Kelas XI Jurusan Kelistrikan di SMK Negeri 4 Lebong)

FIRDAUS, MUHAMMAD (2024) MODEL-MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMKN 4 LEBONG (Studi Kasus Siswa Kelas XI Jurusan Kelistrikan di SMK Negeri 4 Lebong). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Jurnal Skripsi)
JURNAL Muhammad Firdaus.pdf - Submitted Version

Download (343kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Muhmmmad Firdaus ok.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Model-Model Pembinaan Kedisiplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Smkn 4 Lebong, Dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan secara hakikatnya bahwa guru sebagai pendidik tentunya harus memiliki kemampuan memimpin dan melindungi setiap hal yang berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Kepribadian guru yang didukung oleh pola kepribadian pendidikan sangat membantu dalam proses transfer pengetahuan. Faktor yang dapat menentukan interaksi antara guru dan peserta didik sebagai panutan adalah kepribadian, dimana guru dituntut untuk mempunyai kepribadian yang mampu dijadikan sebagai figur dan teladan bagi siswa. Penelitian dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kedisiplinan siswa dan untuk mengetahui cara guru PPKn dalam menerapkan kedisiplinan siswa di kelas XI Jurusan Kelistrikan di SMKN 04 Lebong . Dalam prosesnya penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, berdasarkan pada sumber data primer dan sekunder. Serangkaian proses penelitian melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya, kedisiplinan siswa kelas XI Jurusan Kelistrikan SMKN 04 Lebong belum maksimal dalam bertindak disiplin sebagaimana aturan tata tertib yang berlaku. Masih terdapat beberapa siswa yang berbuat kesalahan atas dasar perilaku kenakalan remaja karena terpengaruh oleh rekan – rekannya, dan kedisiplinan siswa melalui keteladanan guru pendidikan kewarganegaraan di kelas XI Jurusan Kelistrikan di SMKN 04 Lebong sudah cukup baik, karena guru pkn di SMKN 04 Lebong selalu memberikan keteladanan kepada siswa terutama dibidang kedisiplinan dan menjadi satu pilar dalam membentuk akhlak budi pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Amnah Qurniati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan siswa, Keteladanan Guru Pkn
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:07
Last Modified: 18 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item