Putri, Metri Siska Ananda (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI MTS NEGERI 02 SELUMA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB 1)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (694kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (93kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
METRI SISKA ANANDA PUTRI_2088201045_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan minat membaca siswa di MTs Negeri 02 Seluma. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan yang menekankan pada penggambaran sistematis, faktual, dan akurat terhadap fenomena yang sedang berlangsung. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi langsung terhadap proses pembelajaran di dalam dan luar kelas, wawancara mendalam dengan tiga guru Bahasa Indonesia yang mengajar di tingkat kelas VII, VIII, dan IX, serta dokumentasi berupa catatan pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan membaca, dan profil lembaga. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, mulai dari tanggal 15 Mei hingga 15 Juni 2025 di kelas VIII MTs Negeri 02 Seluma Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Strategi tersebut meliputi observasi karakteristik siswa sebagai dasar penyesuaian metode pembelajaran, penerapan kontrak belajar yang menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap kegiatan membaca, pemberian waktu khusus membaca mandiri sebelum pelajaran dimulai, serta pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dan pojok baca di kelas sebagai sarana memperluas akses bahan bacaan. Selain itu, guru juga menyesuaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran agar lebih relevan dan menarik bagi siswa. Evaluasi minat baca dilakukan secara berkelanjutan melalui pretest dan posttest, dengan pemberian remedial secara personal bagi siswa yang belum mencapai target. Keseluruhan strategi ini berhasil menciptakan budaya literasi yang positif dan konsisten di lingkungan sekolah, sehingga meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra.Yanti Paulina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | strategi guru, minat membaca, MTs Negeri 02 Seluma, deskriptif kualitatif, budaya literasi. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 01:47 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |