Chandra, Ade (2024) IMPLEMENTASI ALUR PEMBELAJARAN MERRDEKA UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMPN 18 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Jurnal Skripsi)
Jurnal Ade Chandra PPKn.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI ADE CHANDRA PRODI PKN 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Alur Pembelajaran Merrdeka Untuk Meningkatkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP N 18 Kota Bengkulu.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Alur Pembelajaran Merrdeka Untuk Meningkatkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP N 18 Kota Bengkulu,Untuk mengetahui penerapan Alur Pembelajaran Merrdeka dalam peningkatan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP N 18 Kota Bengkulu.penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif.Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi,wawancara,dan dokumentasi.penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut:Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pembelajaran Merrdeka di SMP N 18 Kota Bengkulu sudah di lakukan dengan baik dan di dukung penuh oleh pihak sekolah untuk menerapkan pembelajaran Merrdeka,di dalam proses pelajaran yang berlangsung sudah menerapkan Kemampuan 6 Indikator profil pelajar pancasila,pada pembelajaran Merrdeka kemampuan berpikir Kritis peserta didik berbeda-beda ada yang memiliki kemampuan berpikir kritis Tinggi, sedang, dan rendah, ini di buktikan dengan aktivitas peserta didik saat pembelajaran berlangsung.Namun masih terdapat kendala pada pelatihan yang belum optimal dilakukan oleh sekolah,serta beberapa pelatihan yang dilakukan di kabupaten hanya perwakilan saja belum merata di ikuti oleh semua guru di karenakan JUPANK beberapa faktor seperti biaya,masih belum meratanya sekolah yang menerapkan pembelajaran Merrdeka.Sehingga guru masih mengandalkan secara mandiri tentang pembelajaran Merrdeka melalui platform Merdeka Mengajar.Selain itu,terkendala dalam kemampuan teknologi yang di miliki guru,beberapa guru tidak mau belajar Teknologi dan masih menggunakan metode konvensional,tidak mengikuti perkembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Romadhona Kusuma Yudha, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Merrdeka, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 01:32 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |