PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMPN 13 KOTA BENGKULU

Ulfadillah, Tri Muthi Ah (2025) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMPN 13 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ Turnitin_11zon.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Ref + Lamp)
Tri Muthi Ah Ulfadillah 2187203046_ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran ips siswa kelas ix smpn 13 kota bengkulu (2) mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran ips siswa kelas ix smpn 13 kota bengkulu, dan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips siswa kelas ix smpn 13 kota bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengukur dan menganalisis hubungan anatara dua variabel yang dapat diukur secara numerik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan rata – rata (mean), uji f, uji t, determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual siswa berada dalam kategori baik, hasil belajar berada dalam kategori sangat baik, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik model pem

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbng : Dra. Suharmi, M.Pd dan Ummi Kalsum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstuaal, Hasil Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:01
Last Modified: 25 Sep 2025 06:01
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item