NURFADILLAH, NURFADILLAH (2025) AN ANALYSIS OF READING QUESTIONS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR JUNIOR HIGH SCHOOL MERDEKA CURRICULUM EDITION (INTERACTIVE ENGLISH 2 BY YUDHISTIRA) BASED ON REVISED BLOOM’S TAXONOMY THEORY. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
nurfadillah_2188203035_full text.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
NURFADILLAH_2188203035_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
NURFADILLAH_2188203035_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (838kB) |
|
|
Text (BAB 2)
NURFADILLAH_2188203035_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (269kB) |
|
|
Text (BAB 3)
NURFADILLAH_2188203035_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
NURFADILLAH_2188203035_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
NURFADILLAH_2188203035_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (137kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
NURFADILLAH_2188203035_Ref +Lamp..pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanyaan membaca dalam buku teks Bahasa Inggris untuk siswa SMP edisi Kurikulum Merdeka (Interactive English 2 oleh Yudhistira) berdasarkan teori Revised Bloom’s Taxonomy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis dokumen. Data diperoleh dari 114 pertanyaan membaca yang tersebar dalam 10 bab buku tersebut, kemudian diklasifikasikan ke dalam enam domain kognitif: Remembering (C1), Understanding (C2), Applying (C3), Analyzing (C4), Evaluating (C5), dan Creating (C6). Hasil analisis menunjukkan bahwa pertanyaan membaca didominasi oleh level kognitif rendah, yaitu Remembering (62,28%) dan Understanding (18,42%). Sementara itu, level kognitif tinggi seperti Analyzing (7,02%), Evaluating (6,14%), dan Creating (3,51%) masih sangat minim. Temuan ini menunjukkan bahwa buku teks lebih banyak menekankan pada kemampuan mengingat dan memahami daripada mendorong siswa untuk berpikir kritis, analitis, dan kreatif sebagaimana yang ditargetkan dalam Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, disarankan agar pengembang buku teks lebih memperhatikan keseimbangan antar level kognitif demi menunjang pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Kiagus Baluqiah, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Buku Teks Bahasa Inggris, Pertanyaan Membaca, Revised Bloom’s Taxonomy, Kurikulum Merdeka. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 04:31 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 04:31 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

