ANALYSIS OF DIRECTED MOTIVATIONAL CURRENTS (DMC) IN EFL STUDENTS’ READING MOTIVATION

Citra, Nindia Dwi (2025) ANALYSIS OF DIRECTED MOTIVATIONAL CURRENTS (DMC) IN EFL STUDENTS’ READING MOTIVATION. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_Fulltext_11zon_11zon.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_Turnitin_11zon_11zon.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 3)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
NINDIA DWI CITRA_2188203036_Ref + Lamp._11zon.pdf

Download (9MB)

Abstract

Motivasi memegang peran penting dalam keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), khususnya pada keterampilan membaca yang menuntut konsentrasi, strategi, dan ketekunan tinggi. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan mempertahankan motivasi membaca, sehingga diperlukan pendekatan yang mampu menjelaskan arus motivasi yang kuat dan berkelanjutan. Directed Motivational Currents (DMC) menawarkan kerangka teoretis untuk memahami fenomena tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemicu dan mekanisme pemeliharaan DMC, mendeskripsikan pengalaman mahasiswa ketika berada dalam arus motivasi tersebut, menganalisis pengaruh faktor kontekstual dan instruksional, serta mengeksplorasi implikasinya terhadap keterlibatan dan pembentukan kebiasaan membaca jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain convergent. Partisipan terdiri atas 14 mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dipilih melalui teknik total sampling. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemicu DMC meliputi pengalaman positif dan negatif, dukungan sosial, dan pencapaian kemajuan nyata dalam membaca. Pemeliharaan motivasi didukung oleh rutinitas membaca dan penetapan target bertahap. Pengalaman berada dalam arus DMC ditandai oleh keterlibatan emosional positif, visi tujuan jangka panjang, dan struktur perilaku yang terstruktur, meskipun tingkat internalisasi visi masa depan bervariasi antar mahasiswa. Faktor kontekstual seperti lingkungan kelas, strategi pengajaran, serta dukungan dosen dan rekan sebaya berperan penting dalam memunculkan dan mempertahankan DMC. Penelitian ini menyimpulkan bahwa DMC berpotensi menjadi kerangka konseptual yang efektif untuk meningkatkan motivasi membaca EFL secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Fetriani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: : Directed Motivational Currents (DMC), Keterampilan Membaca, Mahasiswa EFL (English as a Foreign Language), Motivasi Membaca
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 24 Oct 2025 04:28
Last Modified: 24 Oct 2025 04:28
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item