SUMARTI, DEVINA TRI (2025) PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA TANAH REKAH KABUPATEN MUKOMUKO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (970kB) |
|
|
Text (BAB 2)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (266kB) |
|
|
Text (BAB 3)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (152kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (161kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Facebook sebagai media promosi bisnis online oleh ibu rumah tangga di Desa Tanah Rekah, Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang aktif melakukan promosi bisnis online melalui Facebook. Peneliti menggunakan teori AIDA, yaitu Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Tindakan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga memanfaatkan fitur beranda dan story untuk memperkenalkan produk mereka dengan menerapkan teori AIDA. Pada tahap Attention, mereka menarik perhatian konsumen melalui foto produk yang menarik dan deskripsi singkat pada setiap unggahan. Pada tahap Interest, ketertarikan dibangun melalui penjelasan produk secara rinci, testimoni pelanggan, serta respon yang cepat terhadap komentar. Pada tahap Desire, keinginan membeli muncul melalui penawaran menarik seperti diskon dan promo terbatas. Sedangkan pada tahap Action, konsumen didorong melakukan pembelian melalui ajakan langsung dan kemudahan transaksi seperti layanan Cash on Delivery (COD) dan gratis ongkir untuk wilayah tertentu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Facebook dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga sebagai sarana yang mendukung aktivitas promosi dalam menjalankan bisnis online, khususnya di lingkungan pedesaan
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Riswanto, M.I.Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Facebook, promosi, ibu rumah tangga, bisnis online, teori AIDA |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:40 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:40 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

