PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA TANAH REKAH KABUPATEN MUKOMUKO

SUMARTI, DEVINA TRI (2025) PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA TANAH REKAH KABUPATEN MUKOMUKO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (970kB)
[img] Text (BAB 2)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (266kB)
[img] Text (BAB 3)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (152kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
DEVINA TRI SUMARTI_2170201053_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (161kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Facebook sebagai media promosi bisnis online oleh ibu rumah tangga di Desa Tanah Rekah, Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang aktif melakukan promosi bisnis online melalui Facebook. Peneliti menggunakan teori AIDA, yaitu Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Tindakan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga memanfaatkan fitur beranda dan story untuk memperkenalkan produk mereka dengan menerapkan teori AIDA. Pada tahap Attention, mereka menarik perhatian konsumen melalui foto produk yang menarik dan deskripsi singkat pada setiap unggahan. Pada tahap Interest, ketertarikan dibangun melalui penjelasan produk secara rinci, testimoni pelanggan, serta respon yang cepat terhadap komentar. Pada tahap Desire, keinginan membeli muncul melalui penawaran menarik seperti diskon dan promo terbatas. Sedangkan pada tahap Action, konsumen didorong melakukan pembelian melalui ajakan langsung dan kemudahan transaksi seperti layanan Cash on Delivery (COD) dan gratis ongkir untuk wilayah tertentu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Facebook dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga sebagai sarana yang mendukung aktivitas promosi dalam menjalankan bisnis online, khususnya di lingkungan pedesaan

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Riswanto, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Facebook, promosi, ibu rumah tangga, bisnis online, teori AIDA
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:40
Last Modified: 21 Oct 2025 06:40
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item