Zaky, Fauzan (2025) ANALISIS TIPE-TIPE USER INTERFACE DALAM MENINGKATKAN IMERSIVITAS VIDEO GAME SESUAI GENRE VIDEO GAME. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fultext)
Fauzan Zaky_2155201207_ Fulltext .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Fauzan Zaky_2155201207_ TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
|
Text (Abstrak + Bab 1)
Fauzan Zaky_2155201207_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
|
Text (Bab 2)
Fauzan Zaky_2155201207_ BAB 2 .pdf - Submitted Version Download (455kB) |
|
|
Text (Bab 3)
Fauzan Zaky_2155201207_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 4)
Fauzan Zaky_2155201207_ BAB 4 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 5)
Fauzan Zaky_2155201207_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (90kB) |
|
|
Text (Referensi + Lampiran)
Fauzan Zaky_2155201207_ Referensi & Lampiran .pdf - Submitted Version Download (409kB) |
Abstract
Perkembangan industri video game tidak hanya dipengaruhi oleh teknologi grafis dan narasi, tetapi juga oleh perancangan antarmuka atau User Interface (UI) yang efektif. UI berperan penting sebagai jembatan interaksi antara pemain dan sistem dalam game. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tipe-tipe UI yang digunakan dalam berbagai genre video game dapat memengaruhi tingkat imersivitas pemain. Setiap genre game seperti First-Person Shooter (FPS), Role- Playing Game (RPG), dan simulasi memiliki kebutuhan dan pendekatan UI yang berbeda, baik dari segi desain visual, fungsionalitas, maupun keterlibatan emosional pemain. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan studi kasus pada beberapa video game dari genre berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung gameplay (baik memainkan langsung maupun menonton di platform seperti YouTube), analisis ulasan dari media game (seperti IGN, dan Steam), serta eksplorasi diskusi komunitas pemain melalui forum daring seperti Reddit. Penelitian ini menganalisis bagaimana elemen elemen UI seperti HUD, menu navigasi, ikon, dan indikator visual lainnya dapat menunjang atau menghambat pengalaman bermain yang imersif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UI yang selaras dengan karakteristik genre mampu meningkatkan fokus, kenyamanan, dan keterlibatan pemain secara signifikan. UI yang tepat tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mendukung narasi dan alur permainan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para pengembang game dalam merancang antarmuka yang tidak hanya fungsional, tetapi juga mampu menciptakan pengalaman bermain yang lebih mendalam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Imannullah, S.Kom.,M.T. |
| Uncontrolled Keywords: | User Interface, imersivitas, video game, desain antarmuka, genre game |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 04:29 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 04:29 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

