Fadilah, Nurul (2025) REPRESENTASI IDENTITAS KONSUMTIF PEREMPUAN PADA FILM PAY LATER. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
nurul fadilah_2170201019_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
REPRESENTASI+IDENTITAS+KONSUMTIF+PEREMPUAN+DALAM+FILM+PAY+LATER+.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
nurul fadilah_2170201019_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (918kB) |
|
|
Text (BAB 2)
nurul fadilah_2170201019_BAB II.pdf - Submitted Version Download (622kB) |
|
|
Text (BAB 3)
nurul fadilah_2170201019_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
nurul fadilah_2170201019_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (937kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
nurul fadilah_2170201019_BAB V.pdf - Submitted Version Download (419kB) |
Abstract
tujuan untuk merepresentasikan identitas konsumtif perempuan yang direpresentasikan dalam film Pay Later. Perempuan sering kali di hubungkan dengan media sebagai objek konsumtif, dimana perilaku konsumsi dipengaruhi oleh representasi budaya yang di tampilkan media seperti film. Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang secara berlebihan tanpa mempertimbangkan nilai kegunaan atau kebutuhan, melainkan ingin memperoleh kepuasan pribadi secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode teknik observasi tidak langsung dan dokumentasi pada adegan film yang dianalisis menggunakan tiga level kode semiotika John Fiske yaitu level realitas, level representasi, dan level idelogi. Dalam penelitian ini menggunakan 5 unit analisis data, yaitu pemborosan secara impulsife, pengaruh media sosial, ketergantungan layanan keuangan digital (BNPL), ketakutan ketinggalan tren (FOMO), dan tekanan sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter Tika dalam film pay later direpresentasikan sebagai perempuan yang aktif dalam mengkonsumsi barang branded, menampilkan eksistensi di media sosial dan menggunakan aplikasi digital untuk memenuhi gaya hidup konsumtifnya. Identitas Konsumtif dalam film mencerminkan ideologi konsumerisme menekankan nilai diri perempuan di tentukan oleh konsumsi sebagai simbol status dan kepuasan emosional.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Fitria Yuliani, M.A |
| Uncontrolled Keywords: | Representasi, Identitas Konsumtif, Gaya Hidup Perempuan, Pay Later |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:11 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:11 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

