Vera, Sayu (2024) FAKTOR PENDORONG BELANJA DARING MELALUI APLIKASI SHOPEE DAN PERUBAHAN POLA BELANJA MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
jurnal SAYU VERA.pdf - Submitted Version Download (485kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
vera skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Untuk Mendeskripsikan faktor pendorong belanja daring melalui aplikasi shopee dan perubahan pola belanja Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif Lokasi penelitiannya barada di kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan Wawancara mendalam, observasi atau pengamatandan dokumentasi. Kemudian di analisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis hasil penelitian ini menggunakan Teori Pilihan Rasional, Dalam teori ini, individu dianggap sebagai "agen rasional" yang secara aktif memproses informasi yang tersedia Keputusan yang diambil oleh agen rasional didasarkan pada upaya untuk mencapai tujuan pribadi atau memaksimalkan kepuasan sesuai dengan preferensi mereka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu cenderung memilih Shopee sebagai aplikasi belanja online utama mereka. Mereka mengetahui tentang Shopee melalui iklan. Dalam penggunaannya, Shopee digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pakaian, tas, hingga buku. Alasan utama penggunaan Shopee adalah kemudahan berbelanja dari rumah dan fitur COD yang memudahkan pembayaran. Lalu Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu Mahasiswa mengalami perubahan pola belanja menjadi impulsif dan konsumtif, dimana mereka cenderung membeli barang-barang yang tidak mereka butuhkan secara spontan dan tanpa pertimbangan yang matang. Penyebab dari Perubahan Pola Belanja ini bisa bermacam-macam, mulai dari tekanan sosial untuk terlihat trendy, pengaruh teman sebaya yang juga memiliki pola belanja serupa, hingga dorongan dari iklan dan promosi yang mempengaruhi persepsi mereka terhadap kebutuhan dan keinginan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ayu Wijayanti,M,Si |
Uncontrolled Keywords: | Belanja Daring, Perubahan Pola Belanja, Pilihan Rasional, Shopee |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Sarah Mentari Utama |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:24 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:24 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |