PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU

Alodia, Celi (2025) PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
CELI ALODIA _2188201068_full text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
plagiasi_cilut-1754062041655.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
CELI ALODIA _2188201068_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
CELI ALODIA _2188201068_bab 2.pdf - Submitted Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB 3)
CELI ALODIA _2188201068_bab 3t.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
CELI ALODIA _2188201068_bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
CELI ALODIA _2188201068_bab 5.pdf - Submitted Version

Download (251kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
CELI ALODIA _2188201068_ref+lamp.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya keterampilan berbicara siswa yang ditandai dengan kurangnya kepercayaan diri, keterbatasan kosakata, dan minimnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes lisan yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara setelah penerapan metode diskusi. Nilai rata-rata pretest sebesar 71,94 meningkat menjadi 87,71 pada posttest. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kesimpulannya, metode diskusi dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang interaktif, partisipatif, dan mampu mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Reni Kusmiarti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:24
Last Modified: 20 Oct 2025 03:24
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item