Siban, Jandri M. (2025) MENINGKATKAN PELAYANAN SURAT MENYURAT DESA DENGAN SISTEM REPOSITORI OPEN AKSES. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Jandri M. Siban_2155201096_ FULLTEXT .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Jandri M. Siban_2155201096_ TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Jandri M. Siban_2155201096_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Jandri M. Siban_2155201096_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (617kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Jandri M. Siban_2155201096_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Jandri M. Siban_2155201096_ BAB 4 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Jandri M. Siban_2155201096_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Jandri M. Siban_2155201096_ Referensi & Lampiran .pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan surat menyurat di desa merupakan salah satu fungsi penting pemerintahan desa dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat. Namun, sistem konvensional yang masih mengandalkan pencatatan manual dan penyimpanan fisik seringkali menimbulkan berbagai kendala seperti proses yang lambat, kesulitan dalam pencarian arsip, dan minimnya transparansi dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem repositori open akses berbasis web untuk meningkatkan pelayanan surat menyurat di Desa Muara Tiga Ilir, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan identifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain sistem, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, hingga produk akhir. Sistem yang dikembangkan memiliki fitur-fitur utama seperti login admin untuk keamanan akses, dashboard admin sebagai pusat kontrol, input dan pembuatan surat keluar otomatis, upload surat masuk dan keluar, pencarian surat berbasis rentang tanggal, dan akses terbuka bagi masyarakat untuk mengunduh surat yang dibutuhkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan efisiensi proses surat menyurat, mengurangi waktu pelayanan, meningkatkan transparansi melalui akses terbuka, dan mempermudah pengarsipan digital. Implementasi sistem ini diharapkan dapat menjadi model transformasi digital pelayanan publik di tingkat desa yang mendukung prinsip good governance dan smart village. Pengujian Black box berfungsi secara keseluruhan dan berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, nilai rata-rata pada tahap pra uji sebesar 81,75% (kategori Setuju) meningkat menjadi 86,70% (kategori Sangat Setuju) pada tahap pasca uji. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 4,95%, yang mengindikasikan bahwa sistem yang diuji mengalami perbaikan dan peningkatan kepuasan pengguna setelah implementasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Imanullah, S.Kom., M.T |
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Repositori, Open Akses, Surat Menyurat Desa, Pelayanan Digital |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:31 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:31 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

