STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN T2Q (TAHSIN TAHFIDZ AL QURAN) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN WALIMURID DI MI IT GENERASI RABBANI MELALUI ANALISIS SWOT

JUNIARTI, VENTI (2025) STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN T2Q (TAHSIN TAHFIDZ AL QURAN) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN WALIMURID DI MI IT GENERASI RABBANI MELALUI ANALISIS SWOT. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
VENTI JUNIARTI_2261101027_FULL TEXT .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Venti Juniarti TURNITIN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
.VENTI JUNIARTI_2261101027_ABSTRAK+BAB 1 .pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
VENTI JUNIARTI_2261101027_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (862kB)
[img] Text (BAB 3)
VENTI JUNIARTI_2261101027_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
VENTI JUNIARTI_2261101027_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
VENTI JUNIARTI_2261101027_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (262kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
VENTI JUNIARTI_2261101027_REF+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (261kB)

Abstract

Manajemen ekonomi penting untuk program pembelajaran T2Q di MI IT Generasi Rabbani, yang meningkatkan karakter siswa dan keberlanjutan finansial melalui kepuasan wali murid. Tantangan anggaran diatasi dengan optimasi manajemen, teknologi, dan dukungan stakeholder. Analisis SWOT membantu sekolah memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menghadapi ancaman, meningkatkan kualitas pembelajaran T2Q, dan memperkuat hubungan strategis. Penelitian ini bertujuan memahami strategi peningkatan prestasi siswa T2Q demi kepuasan wali murid di MI IT Generasi Rabbani melalui analisis SWOT. Studi ini bertujuan merumuskan strategi peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur'an (T2Q) guna meningkatkan kepuasan walimurid di Madrasah Ibtidaiyah Islam Terpadu Generasi Rabbani, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, melalui analisis SWOT. Hasil analisis Internal Factor Analysis Summary (IFAS) menunjukkan faktor kekuatan (skor tertimbang 10.61) lebih dominan dibanding faktor kelemahan (skor tertimbang 1.88), dengan poin tertinggi pada potensi madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa. Selanjutnya, hasil analisis Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS) mengungkapkan bahwa faktor peluang (skor tertimbang 13.28) lebih kuat dari faktor ancaman (skor tertimbang 0.96). Peluang terbesar teridentifikasi pada peningkatan kualitas SDM guru. Berdasarkan matriks SWOT, strategi strength-opportunity adalah yang paling direkomendasikan dengan nilai kombinasi tertinggi (14.92) dibandingkan strategi lainnya. Implikasi dari temuan ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Islam Terpadu Generasi Rabbani perlu memprioritaskan pengembangan dan peningkatan SDM guru dan karyawan, serta mengoptimalkan kualitas pelayanan kepada siswa. Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan kualitas pelayanan, motivasi, dorongan belajar, penyajian pembelajaran yang menarik, penyediaan informasi yang jelas dan kuat, serta visualisasi peta aktivitas madrasah di lokasi untuk kemudahan pemahaman

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Adi Sismanto, S.E., M.M Pembimbing 2 : Andi Azhar, S.IP.,MBA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Siswa, Pembelajaran T2Q (Tahsin Tahfidz Al Quran), Kepuasan Walimurid, MI IT Generasi Rabbani, Analisis SWOT
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:59
Last Modified: 16 Oct 2025 03:59
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item