Hasibuan, Ipan Pebrian (2025) REPRESENTASI PESAN PADA IKLAN KITA BERSAMA POLYTRON. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_ FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_Turnitin .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
AIPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (821kB) |
|
|
Text (BAB 2)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_BAB II.pdf - Submitted Version Download (419kB) |
|
|
Text (BAB 3)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_BAB V.pdf - Submitted Version Download (236kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
IPAN PEBRIAN HASIBUAN_2170201034_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pesan yang disampaikan dalam iklan Kita Bersama Polytron melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Iklan berdurasi 2 menit 36 detik ini dipilih karena memuat berbagai simbol visual dan naratif yang mencerminkan nilai-nilai keluarga, teknologi dan gaya hidup modern. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis semiotik yang menitikberatkan pada tiga lapis makna Teori Roland Barthes yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini merepresentasikan kebahagiaan keluarga ideal melalui simbol-simbol keseharian seperti makan bersama, perayaan dan kebersamaan di rumah. Melalui analisis denotasi, ditemukan bahwa simbol-simbol visual seperti ekspresi wajah, gerakan serta adegan yang menggambarkan bentuk nyata dari tindakan harmonisasi. Pada tingkat konotasi, iklan ini menekankan bahwa kesabaran, kasih sayang, kepedulian dan tanggung jawab dalam menjaga dan menciptakan kebahagiaan keluarga. Sementara itu, pada tingkat mitos, iklan ini membangun narasi bahwa rasa nyaman dan ketentraman dalam keluarga merupakan bagian dari terciptanya keharmonisan dalam keluarga. Di balik representasi tersebut, terdapat mitos tentang keharmonisan keluarga modern yang ditopang oleh peran teknologi sebagai fasilitator kenyamanan hidup. Selain itu, iklan ini juga mengonstruksi peran gender dan relasi emosional antar anggota keluarga secara simbolik. Dengan demikian, iklan Kita Bersama Polytron tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga membentuk makna-makna kultural yang berkaitan dengan identitas, nilai dan aspirasi masyarakat urban.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Mely Eka Karina, M.I.Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Iklan, Semiotika, Roland Barthes, Keluarga, Representasi, Kita bersama Polytron. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:09 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 03:09 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

