Husna, Stefani Nurul (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK KOMINFO DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT TENTANG LITERASI DIGITAL. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ Fulltext .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ Turnitin Skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ Abstrak & BAB 1 .pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (354kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ BAB 4 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (218kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Stefani Nurul Husna_2170201100_ Referensi & LAMPIRAN .pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi publik yang dijalankan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu dalam mengedukasi masyarakat tentang literasi digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi komunikasi yang diterapkan mengacu pada tahapan difusi inovasi Everett Rogers, yaitu penyebaran pengetahuan (knowledge), pembentukan sikap (persuasion), pengambilan keputusan (decision), implementasi (implementation), hingga konfirmasi (confirmation). Diskominfo memanfaatkan berbagai saluran komunikasi seperti media sosial, seminar, dan kerja sama dengan MAFINDO untuk menyampaikan informasi secara edukatif, interaktif, dan informatif. Literasi digital dijadikan sebagai inovasi yang perlu diadopsi masyarakat untuk menghadapi tantangan informasi digital, seperti hoaks, penipuan daring, dan pelanggaran privasi. Strategi ini memperhatikan empat elemen utama dalam teori difusi inovasi: (1) Inovasi berupa literasi digital sebagai pengetahuan baru; (2) Saluran komunikasi melalui media sosial, seminar, dan kolaborasi; (3) Waktu sebagai proses bertahap dalam penerimaan inovasi; dan (4) Sistem sosial masyarakat Kota Bengkulu yang memengaruhi penyebaran informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang etika digital, keamanan siber, serta kemampuan memverifikasi informasi. Namun, Diskominfo masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan belum meratanya adopsi literasi digital di beberapa lapisan masyarakat. Meski begitu, upaya yang dilakukan telah memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan perilaku digital masyarakat yang lebih bijak.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eceh Trisna Ayuh, M.I.Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Literasi Digital, Kominfo, Edukasi Masyarakat, Media Digital |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:28 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:28 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

