SYAFITRI, CENNIA ADE (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 10 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Abstrak + Bab 1.pdf - Submitted Version Download (411kB) |
|
|
Text (BAB 2)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (149kB) |
|
|
Text (BAB 3)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (75kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Referensi + Lampiran.pdf - Submitted Version Download (308kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 10 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen, yang diajarkan menggunakan model PjBI, dan kelas kontrol, yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan model PjBL dan yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki efek positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Nasral, M.Pd’ Pembimbing 2 : Saparudin Saroni, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Pembelajaran Kognitif, dan Pembelajaran Inovatif |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:31 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:31 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

