PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 10 BENGKULU SELATAN

SYAFITRI, CENNIA ADE (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 10 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Abstrak + Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (149kB)
[img] Text (BAB 3)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (75kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
CENNIA ADE SYAFITRI 2184205018_ Referensi + Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 10 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen, yang diajarkan menggunakan model PjBI, dan kelas kontrol, yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan model PjBL dan yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki efek positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Nasral, M.Pd’ Pembimbing 2 : Saparudin Saroni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Pembelajaran Kognitif, dan Pembelajaran Inovatif
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Andeska Ulok Kupai
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:31
Last Modified: 21 Oct 2025 03:31
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item