Prasetyo, Erlangga (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN MINAT BELAJAR DI SMPN 3 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Nama. Erlangga Prasetyo. NPM 2184205029. Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_BAB II.pdf - Submitted Version Download (178kB) |
|
|
Text (BAB 3)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_BAB V.pdf - Submitted Version Download (133kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
ERLANGGA PRASETYO_2184205029_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (608kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep IPA dan minat belaar di SMPN 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA pada siswa kelas VII di SMPN 3 Kota Bengkulu diperoleh hasil pretest dengan nilai terendah 20 dan tertinggi 90, sedangkan pada posttest dengan nilai terendah 30 dan tertinggi 100. Nilai rata-rata pada pretest yaitu 66.42 dan terjadi peningkatan pada posttest yaitu 81.33. Minat belajar siswa pada kelompok eksperimen paling banyak pada kategori tinggi yaitu sebanyak 21 siswa (70%), sedangkan pada kelompok kontrol paling banyak pada kategori cukup yaitu sebanyak 23 siswa (76.7%). Hasil uji T diperoleh pada penguasaan konsep IPA dengan p-value 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep IPA di SMPN 3 Kota Bengkulu, dan pada minat belajar siswa dengan p-value 0.003 < 0.05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu. Simpulan, ada pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep IPA dan minat belajar di SMPN 3 Kota Bengkulu.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Rizki Pembimbing 2 : Pratama, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Konsep IPA, Minat Belajar |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:35 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

