PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA DIGITAL MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Riezqyka, Olda (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA DIGITAL MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
Olda Riezqyka_2184205017_FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Olda Riezqyka_2184205017_Tunitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
Olda Riezqyka_2184205017_ABSTRAK_BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (872kB)
[img] Text (BAB 2)
Olda Riezqyka_2184205017_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (513kB)
[img] Text (BAB 3)
Olda Riezqyka_2184205017_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Olda Riezqyka_2184205017_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Olda Riezqyka_2184205017_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (169kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
Olda Riezqyka_2184205017_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan media digital mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen tipe pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen (XI.7) dan kelas kontrol (XI.6). Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan media digital mind map, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 65,83 dan kelas kontrol sebesar 50,69. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 85,28, sedangkan kelas kontrol sebesar 65,14. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen, sehingga analisis dilanjutkan menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan pembelajaran berbasis proyek dengan media digital mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model ini untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi biologi yang bersifat abstrak dan kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Mind Map Digital, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Andeska Ulok Kupai
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:29
Last Modified: 21 Oct 2025 03:29
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item