SALAMAH, UMU (2025) PENGARUH E-LKPD BIOLOGI TERINTEGRASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
UMU SALAMAH_2184205019_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
UMU SALAMAH_2184205019_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
UMU SALAMAH_2184205019_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
UMU SALAMAH_2184205019_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (415kB) |
|
|
Text (BAB 3)
UMU SALAMAH_2184205019_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
UMU SALAMAH_2184205019_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
UMU SALAMAH_2184205019_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (120kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
UMU SALAMAH_2184205019_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (9MB) |
Abstract
Pembelajaran biologi merupakan studi sistematis tentang alam yang tidak hanya menekankan pemahaman fakta dan konsep, tetapi juga menuntut keterlibatan aktif dalam proses penemuan yang membutuhkan pemikiran kritis dan motivasi belajar yang tinggi. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kedua aspek te. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media E-LKPD berbasis Wordwall terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa SMA, melalui metode eksperimen semu. Subjek penelitian berjumlah 67 terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan (ELKPD terintegrasi Wordwall) dan kelas kontrol menggunakan (pembelajaran konvensional tanpa media E-LKPD terintegrasi Wordwall). Instrumen penelitian meliputi tes awal dan akhir serta angket motivasi belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney (kemampuan berpikir kritis) dan uji-t ( angket motivasi). Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai signifikansi U sebesar 0,019 dan hasil uji-t sebesar 0,000 mengindikasikan bahwa penggunaan E-LKPD Wordwall secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif di mata pelajaran biologi tingkat SMA.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Jayanti Syahfitri, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Kasmiruddin, M.Si, |
| Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Wordwall, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:37 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 03:37 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

