Andra, Dendy (2025) IMPLEMENTASI PROGRESSIVE WEB APPLICATION UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
DENDY ANDRA_2155201188_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
DENDY ANDRA_2155201188_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak+BAB 1)
DENDY ANDRA_2155201188_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
DENDY ANDRA_2155201188_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (198kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
DENDY ANDRA_2155201188_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
DENDY ANDRA_2155201188_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
DENDY ANDRA_2155201188_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (224kB) |
![]() |
Text (Ref+Lamp)
DENDY ANDRA_2155201188_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (199kB) |
Abstract
Bahasa Jepang semakin diminati di Indonesia karena potensinya dalam meningkatkan peluang akademik dan karir. Namun, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu menghadapi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang, seperti keterbatasan waktu, kurangnya akses ke materi interaktif, serta kesulitan memahami sistem tulisan dan tata bahasa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan Progressive Web Application (PWA) sebagai solusi pembelajaran bahasa Jepang yang fleksibel dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall dalam pengembangan sistem, dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, hingga pengujian. Aplikasi diberi nama “Konnichiwa App” dan mencakup empat kategori pembelajaran utama: hiragana, katakana, kanji, dan partikel. Fitur latihan interaktif menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk mengacak soal, sehingga setiap sesi latihan memberikan variasi dan mencegah hafalan mekanis. Pengujian aplikasi dilakukan melalui metode Black Box Testing dan kuisioner Likert kepada 31 responden. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi mendapatkan respon positif dari pengguna, terutama dalam aspek navigasi, responsivitas, fitur pembelajaran, kenyamanan penggunaan, dan peningkatan pemahaman bahasa Jepang. Dengan adanya PWA ini, diharapkan mahasiswa dapat belajar bahasa Jepang secara mandiri, kapan saja, dan di mana saja, sehingga meningkatkan efektivitas dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dandi Sunardi, S.Sos.I., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran mobile, media interaktif, algoritma Fisher-Yates shuffle |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:48 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |