PRATAMA, FINGQI LORENZA (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH INKLUSI (SD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_full text_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
SKRIPSI_FINGQI_LORENZA (1).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
|
|
Text (Abstrak+BAB 1)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (340kB) |
|
|
Text (BAB 3)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (157kB) |
|
|
Text (Ref+Lamp)
SKRIPSI_VIX FINGQI_LORENZA_2186208019_REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama islam di SD Alam Mahira Kota Bengkulu bagi siswa kebutuhan khusus menerapkan Strategi pendekatan ramah inklusi melalui diferensiasi seperti melakukan modifikasi terhadap tugas, materi, maupun cara menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan bagi anak inklusi di SD Alam Mahira Kota Bengkulu, sebuah sekolah dasar swasta yang telah menerapkan sistem pendidikan inklusi sejak tahun 2008 dan memperoleh akreditasi A. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari guru, siswa kelas IV dan V, serta kepala sekolah, sedangkan data sekunder didapatkan dari berbagai referensi tertulis yang relevan. Analisis data dilakukan dengan Strategi Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan untuk menemukan pola dan tema utama dalam pelaksanaan pembelajaran PAI bagi siswa inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Alam Mahira Kota Bengkulu berhasil menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah, dengan mengintegrasikan siswa berkebutuhan khusus bersama siswa reguler dalam satu kelas. Adapun Strategi pembelajaran PAI yang di terapkan di SD Alam Mahira adalah strategi pendekatan pembelajaran ramah inklusi, penggunaan media dan metode pembelajaran yang variatif. Sekolah menyediakan pendampingan intensif dari guru dan tenaga pendukung, serta melakukan modifikasi kurikulum dan metode pengajaran sesuai kebutuhan siswa.. Lingkungan sosial dan budaya sekolah yang harmonis serta dukungan fasilitas yang memadai turut menunjang keberhasilan pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah ini. Dengan demikian, Strategi pembelajaran PAI di SD Alam Mahira Kota Bengkulu dapat menjadi contoh praktik baik dalam mewujudkan pendidikan yang setara dan berkeadilan bagi seluruh peserta didik, baik reguler maupun inklusi
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Desi Firmasari, M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Sekolah Inklusi |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:24 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

