JULIYANSA, JULIYANSA (2025) PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BOARDING SCHOOL. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
JULIYANSA_2186208037_ full text 2025 1.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
JULIYANSA_2186208037_turnitin_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak+BAB 1)
JULIYANSA_2186208037_abstrak+bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
JULIYANSA_2186208037_bab II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
JULIYANSA_2186208037_bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
JULIYANSA_2186208037_bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
JULIYANSA_2186208037_bab v.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Ref+Lamp)
JULIYANSA_2186208037_dapus+lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan YouTube dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Boarding School. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi digital, khususnya platform YouTube, yang memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik. YouTube sebagai platform berbagi video tidak lagi hanya digunakan untuk hiburan, tetapi semakin banyak dimanfaatkan dalam konteks pendidikan oleh guru maupun siswa. Namun, di sekolah ini, YouTube belum dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun YouTube belum digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah ini, semua pihak memberikan respons yang positif. Kepala sekolah mendukung penggunaan media digital seperti YouTube selama selaras dengan nilai-nilai Islam dan kurikulum. Para guru mengakui bahwa video YouTube dapat membantu menjelaskan materi secara lebih visual dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa. Siswa sendiri menunjukkan antusiasme dan kesiapan untuk belajar menggunakan video dari YouTube. Kesimpulannya, YouTube memiliki potensi yang signifikan untuk dimanfaatkan secara efektif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Boarding School.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Syubli, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:21 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |