MAYA, YESTRI (2025) PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POSTER DI KELAS XI SMKN 7 KOTA BENGKULU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
YESTRI MAYA_2388113017_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
YESTRI MAYA_2388113017_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
YESTRI MAYA_2388113017_BAB II.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 3)
YESTRI MAYA_2388113017_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
YESTRI MAYA_2388113017_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
YESTRI MAYA_2388113017_BAB V.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
YESTRI MAYA_2388113017_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (Turnitin)
YESTRI MAYA_2388113017_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Canva terhadap hasil belajar siswa pada materi poster di kelas XI SMKN 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest meningkat dari 64,14 menjadi 81,00 pada posttest, sedangkan pada kelas kontrol hanya meningkat dari 54,73 menjadi 66,82. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media canva terhadap hasil belajar siswa. Media canva terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi poster
| Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Dr. Eli Rustinar, M.Hum. Pembimbing 2 Dr. Ira Yuniati, M.Pd.,M.H., M.M |
| Uncontrolled Keywords: | Canva, hasil belajar, poster, media pembelajaran, SMK. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:26 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 04:26 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

