PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Pramesti, Meiza Anandyta Putri (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_TURNITIN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB 3)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (273kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
MEIZA ANANDYTA PUTRI PRAMESTI_2187203028_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah penerapan metode Collaborative Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, sedangkan objek di dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis tes dan analisis hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Collaborative Learning cocok dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Peningkatan hasil belajar menggunakan metode Collaborative Learning dengan nilai rata-rata pra-siklus yaitu 66,39, nilai rata-rata siklus I yaitu 75,9 meningkat di siklus II yaitu 82,57. Nilai presentase ketuntasan siswa kelas VII A dengan menggunakan metode Collaborative Learning yaitu pra-siklus 30,3% , siklus I 60,6% meningkat 90,9% di siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Duharman, M.M. Pembimbing 2 : Meirani, M.Pd.E.
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning, Hasil Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:33
Last Modified: 29 Sep 2025 03:33
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item