PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU

SAPUTRA, MUHAMMAD RANDY BRILIAN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_ Fulltext + turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (891kB)
[img] Text (BAB 2)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB 3)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain nonrandomized pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2025. Teknik analisis data menggunakan uji-t (uji hipotesis). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen 83,55 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol 76,66 untuk nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 83,55 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 76,92. Setelah dilakukan uji-t kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai signifikan kurang dari 0,05 (sig 0,002 < 0,05) yang artinya hipotesis H0 ditolak, dan nilai uji-t hasil belajar siswa memperoleh nilai signifikan kurang dari 0,05 (sig 0,003 < 0,05) hingga hipotesis H0 ditolak, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd. dan Saparudin Saroni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI),Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:06
Last Modified: 24 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item