SAPUTRA, MUHAMMAD RANDY BRILIAN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_ Fulltext + turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (891kB) |
|
|
Text (BAB 2)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (318kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (158kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Muhammad Randy Brilian Saputra_2184205024_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain nonrandomized pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2025. Teknik analisis data menggunakan uji-t (uji hipotesis). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen 83,55 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol 76,66 untuk nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 83,55 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 76,92. Setelah dilakukan uji-t kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai signifikan kurang dari 0,05 (sig 0,002 < 0,05) yang artinya hipotesis H0 ditolak, dan nilai uji-t hasil belajar siswa memperoleh nilai signifikan kurang dari 0,05 (sig 0,003 < 0,05) hingga hipotesis H0 ditolak, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd. dan Saparudin Saroni, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI),Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:06 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:06 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

