SUHAIMI, FADHILA (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (9MB) |
|
|
Text (BAB 2)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_BAB II.pdf - Submitted Version Download (186kB) |
|
|
Text (BAB 3)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_BAB V.pdf - Submitted Version Download (104kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
FADHILA SUHAIMI_2184202024_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bengkulu Tengah dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi statistika serta mengidentifikasi berbagai faktor penyebab dari kesalahan tersebut. Fokus utama penelitian ini terletak pada pemahaman siswa terhadap konsep mean, median, dan modus dalam bentuk soal cerita, yang menuntut keterampilan berpikir logis, analitis, dan sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas VIII, di mana tiga siswa dipilih secara purposive untuk mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berupa soal cerita dan wawancara mendalam guna memperoleh data primer mengenai proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal serta alasan di balik kesalahan yang dilakukan. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan jenis kesalahan siswa menurut kastalon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa mencakup kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, serta kesalahan teknikal. Dari hasil analisis diketahui bahwa kesalahan paling dominan terjadi pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana, yang menunjukkan lemahnya kemampuan siswa dalam memahami soal cerita dan menentukan strategi penyelesaian yang tepat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. Masri,M.Si dan Dr. Adi Asmara, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | analisi kesalahan, soal cerita, statistika, teori kastolan, matematika SMP |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:23 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 03:23 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

