FRANSISCA, MONICA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
MONICA FRANSISCA_2184205003_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
MONICA FRANSISCA_2184205003_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
MONICA FRANSISCA_2184205003_Abstrak +BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
MONICA FRANSISCA_2184205003_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (237kB) |
|
|
Text (BAB 3)
MONICA FRANSISCA_2184205003_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
MONICA FRANSISCA_2184205003_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
MONICA FRANSISCA_2184205003_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (91kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
MONICA FRANSISCA_2184205003_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (485kB) |
Abstract
Model MURDER merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi melalui tahapan yang sistematis dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 9 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 9 Bengkulu Selatan, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara purposive. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran MURDER, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran MURDER dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran MURDER berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model MURDER sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. Nasral, M.Pd. ,Saparudin Saroni, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran MURDER, hasil belajar, siswa SMA, strategi kooperatif |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:21 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 06:21 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

