OTOPIA, YOPITA SARI (2025) PELESTARIAN BAHASA REJANG SEBAGAI UPAYA PENGENALAN IDENTITAS NASIONAL PADA SISWA SDN 49 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (564kB) |
|
|
Text (BAB 2)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (261kB) |
|
|
Text (BAB 3)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (149kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (958kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian bahasa Rejang sebagai bagian dari pengenalan identitas nasional pada siswa SDN 49 Bengkulu Tengah. Bahasa daerah merupakan bagian penting dari warisan budaya bangsa dan memiliki peran strategis dalam membentuk identitas nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai terkikisnya penggunaan bahasa Rejang di kalangan generasi muda sehingga diperlukan langkah konkret untuk melestarikannya melalui lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian bahasa Rejang di SDN 49 Bengkulu Tengah dilakukan melalui pembelajaran muatan lokal, kegiatan ekstrakurikuler, serta integrasi dalam kegiatan sekolah. Guru berperan aktif dalam memperkenalkan kosa kata dan percakapan sederhana dalam bahasa Rejang. Hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya media pembelajaran dan masih rendahnya minat siswa menggunakan bahasa daerah. Namun demikian, dukungan dari sekolah dan keterlibatan masyarakat menjadi faktor pendorong dalam keberlangsungan program pelestarian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sekolah memiliki peran penting dalam pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari penguatan identitas nasional. Diperlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menjaga eksistensi bahasa Rejang sebagai warisan budaya yang berharga.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. Syarkati, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Pelestarian, Bahasa Rejang, Identitas Nasional, Siswa Sekolah Dasar |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:15 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 06:15 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

