PAKO, JOLIYUSHAM (2025) ANALISIS MARGIN PEMASARAN IKAN TONGKOL DARI TPI SAMPAI KE PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB 1)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_abstrak+bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_bab II.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_bab V.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
JOLIYUSHAM PAKO_2154201044_dapus+lamp.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis margin pemasaran ikan tongkol dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pulau Baai hingga ke Pasar Panorama Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei, yang melibatkan pengepul dan pengecer sebagai responden utama. Data yang dikumpulkan meliputi biaya pemasaran, harga beli, harga jual, dan keuntungan dari masing-masing pelaku pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu saluran pemasaran ikan tongkol: pertama, dari nelayan ke pedagang pengepul TPI lalu ke pengecer panorama dan konsumen. Biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengepul adalah sebesar Rp911/kg, dengan keuntungan sebesar Rp6.089/kg sehingga menghasilkan margin pemasaran sebesar Rp7.000/kg. Sementara itu, pedagang pengecer mengeluarkan biaya pemasaran sebesar Rp2.438/kg dan memperoleh keuntungan sebesar Rp 7.562/kg, sehingga margin pemasaran yang didapatkan adalah sebesar Rp10.000/kg. Margin pemasaran tertinggi diperoleh oleh pengecer sebesar Rp10.000/kg, sedangkan pengepul memperoleh margin sebesar Rp7.000/kg. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin panjang saluran pemasaran, maka margin yang diperoleh semakin besar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pemasaran hasil tangkapan perikanan yang lebih efisien dan menguntungkan semua pihak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ir. Rita feni, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | margin pemasaran, ikan tongkol, biaya pemasaran, keuntungan, saluran distribusi |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 03-Fakultas Pertanian dan Peternakan > 54201-(S1) Agribisnis 03-Fakultas Pertanian dan Peternakan > 54201-(S1) Agribisnis |
Divisions: | 03-Fakultas Pertanian dan Peternakan > 54201-(S1) Agribisnis Subjek Terkait > 03-Fakultas Pertanian dan Peternakan > 54201-(S1) Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 04:09 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 04:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |