PEMBUATAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA PROVINSI DI INDONESIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

Vallen, Ovi Marda Dwi (2025) PEMBUATAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA PROVINSI DI INDONESIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltex)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Ovi Marda Dwi Vallen Skripsi ASC 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_ ABSTRTAK +BAB I.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB 3)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (216kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
Ovi Marda Dwi Vallen_2155201118_REF+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran geografi, khususnya pengenalan peta provinsi Indonesia, merupakan materi penting bagi siswa sekolah dasar. Namun, pendekatan konvensional seringkali kurang menarik sehingga siswa kesulitan memahami materi tersebut. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan sebuah game edukasi interaktif berbasis Adobe Flash CS6 yang dirancang untuk membantu siswa dalam mengenal dan memahami bentuk provinsi-provinsi di Indonesia secara lebih menyenangkan. Game ini dibangun menggunakan Adobe Flash CS6 dengan bahasa pemrograman ActionScript 2.0 dan dilengkapi fitur peta interaktif, provinsi, serta kuis. Pengembangan dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pada tahap pengujian, dilakukan uji Black Box untuk memastikan bahwa seluruh fungsi dalam game bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian ini mencakup fitur-fitur utama seperti navigasi antar pulau, pemilihan provinsi, tampilan umpan balik atas jawaban, tombol ulang, dan tombol keluar. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur tersebut berjalan dengan baik dan tanpa error, yang membuktikan bahwa sistem memiliki kestabilan dan responsivitas tinggi saat digunakan oleh pengguna. Selain pengujian teknis, uji coba juga dilakukan kepada siswa sekolah dasar melalui penyebaran kuesioner untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil kuesioner, diperoleh persentase sebesar 86,6% (Sangat setuju) yang menunjukkan bahwa game edukasi ini sangat membantu siswa dalam memahami materi peta provinsi Indonesia. Responden juga menyatakan bahwa game ini menarik, mudah digunakan, dan mampu meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, game ini dinilai efektif sebagai media pembelajaran tambahan dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Agung Kharisma Hidayah, S.Kom.,M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, peta provinsi, siswa sekolah dasar, Adobe Flash CS6, ActionScript 2.0, kuesioner.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:56
Last Modified: 26 Sep 2025 03:56
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item