STUDI EVALUASI PELAKSANAAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 2 KAUR

NADIANSYAH, DEKA (2025) STUDI EVALUASI PELAKSANAAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 2 KAUR. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak+BAB 1)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (618kB)
[img] Text (BAB 2)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB 3)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (206kB)
[img] Text (Reff+Lamp)
DEKA NADIANSYAH_2187205005_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan modul pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 2 Kaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data utama tiga orang guru PKn, sejumlah peserta didik, serta dua dosen ahli sebagai validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan modul berbasis TIK telah dilakukan secara bertahap dengan memanfaatkan berbagai media seperti Google Classroom, PowerPoint, YouTube, dan platform digital lainnya. Guru PKn, menunjukkan inisiatif tinggi dalam menyusun dan menerapkan modul digital yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pembelajaran berbasis TIK dinilai mampu meningkatkan partisipasi siswa dan memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan visual dan media digital. Namun, pelaksanaan modul juga menghadapi sejumlah hambatan, seperti keterbatasan infrastruktur, sinyal internet yang tidak stabil, serta ketimpangan akses perangkat di kalangan siswa. Tidak semua ruang kelas memiliki fasilitas pendukung yang memadai, dan belum semua siswa memiliki perangkat pribadi yang memadai. Guru juga masih menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan TIK secara maksimal karena keterbatasan pelatihan resmi dari sekolah. Kendati demikian, berbagai upaya telah dilakukan, seperti penggunaan laboratorium komputer secara bergilir, penyusunan materi cetak sebagai alternatif, pelatihan mandiri guru, dan peningkatan fasilitas oleh pihak sekolah. Secara keseluruhan, implementasi modul PKn berbasis TIK di SMA Negeri 2 Kaur menunjukkan kemajuan yang berarti meskipun belum sepenuhnya optimal. Inisiatif guru, dukungan manajerial, serta semangat kolaboratif antar warga sekolah menjadi kunci dalam mengatasi tantangan dan mewujudkan pembelajaran yang modern, inklusif, serta relevan dengan nilai-nilai Pancasila di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rusnita Hainunm M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Pendidikan Kewarnegaraan, Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:27
Last Modified: 26 Sep 2025 03:27
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item