BALKIS, SONYA (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SLB N 1 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
.SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _full text.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _TURNITIN .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB 1)
SONYA BALKIS _2113201043_abstrak+bab 1.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _bab 2.pdf - Submitted Version Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _bab 5.pdf - Submitted Version Download (180kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
.SONYA BALKIS NPM. 2113201043 _ref+lamp.pdf - Submitted Version Download (10MB) |
Abstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat serta menunjang proses belajar yang optimal. Guru berperan sebagai figur teladan bagi siswa, sehingga pengetahuan serta praktik PHBS yang dimiliki guru menjadi hal yang sangat krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara tingkat pengetahuan guru tentang PHBS dengan implementasinya di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Responden berjumlah 30 guru, ditentukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji univariat untuk mendeskripsikan distribusi karakteristik responden, serta uji bivariat dengan ChiSquare guna menilai hubungan antar variabel. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar guru memiliki pengetahuan pada kategori tinggi, dan penerapan PHBS juga dominan berada pada kategori tinggi. Uji bivariat menghasilkan nilai p = 0,008 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan penerapan PHBS. Kesimpulannya, semakin baik pengetahuan guru, semakin optimal pula penerapan PHBS di sekolah. Oleh karena itu, peningkatan pengetahuan melalui pelatihan serta penyediaan fasilitas pendukung PHBS sangat direkomendasikan guna mendukung terwujudnya sekolah yang sehat
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ir. AGUS RAMON, M.KES |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Guru, penerapan, PHBS |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat Subjek Terkait > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 05:53 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 05:53 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |