ERANARDI, ERANARDI (2025) ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM KOMPENSASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KARYAWAN PT. SAPTA SENTOSA JAYA ABADI MELALUI KEPUASAN KERJA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
ERA NARDI_2361101011_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
ERA NARDI_2361101011_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
ERA NARDI_2361101011_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
ERA NARDI_2361101011_BAB II.pdf - Submitted Version Download (560kB) |
|
|
Text (BAB 3)
ERA NARDI_2361101011_BAB IIIT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
ERA NARDI_2361101011_BAB V.pdf - Submitted Version Download (231kB) |
|
|
Text (BAB 5)
ERA NARDI_2361101011_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Menjaga loyalitas karyawan merupakan aspek krusial dalam industri padat karya, mengingat dinamika hubungan kerja sangat dipengaruhi oleh sistem kompensasi dan tingkat kepuasan kerja. PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas tenaga kerja yang tersebar di berbagai unit produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem kompensasi terhadap loyalitas karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis SEMPLS. Data dikumpulkan melalui survei online menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 114 orang karyawan tetap di lingkungan PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kompensasi tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas karyawan, namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Selanjutnya, kepuasan kerja terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan dan memediasi secara signifikan hubungan antara sistem kompensasi dan loyalitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa loyalitas karyawan tidak dapat dibentuk hanya dengan insentif finansial, tetapi melalui penciptaan kepuasan kerja yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa kepuasan kerja memainkan peran strategis sebagai penghubung antara sistem kompensasi dan loyalitas. Implikasinya, perusahaan perlu lebih menekankan pada strategi pengelolaan sumber daya manusia yang tidak hanya fokus pada nilai kompensasi, tetapi juga pada kualitas pengalaman kerja karyawan. Membangun loyalitas karyawan yang berkelanjutan memerlukan pendekatan yang holistik dan berorientasi pada kepuasan kerja sebagai fondasi utama
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing ; Adi Sismant Ahmad Junaidi |
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Kompensasi, Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen |
| Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 05:55 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 05:55 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

