PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 4 BENGKULU SELATAN

SAGITA, AMELIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 4 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
AMELIA SAGITA_2184205026_FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
SKRIPSI_AMELIA_SAGITA_TURNITIN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
SKRIPSI_AMELIA_2184205026_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (818kB)
[img] Text (BAB 2)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (374kB)
[img] Text (BAB 3)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (291kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
AMELIA SAGITA_2184205026_REF+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest yang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model TGT secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai posttest rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,85 yang termasuk kategori sangat baik, dibandingkan kelas kontrol sebesar 75,00. Uji statistik menunjukkan p-value < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang bermakna dari kedua model pembelajaran ini terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang aktif dan kooperatif dapat meningkatkan kualitas berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Siti Darwa Suryani,M.Si
Uncontrolled Keywords: Model TGT,Pembelajaran Kooperatif, Berfikir Kritis, Biologi
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Sarah Mentari Utama
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:25
Last Modified: 25 Sep 2025 04:25
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item