SAGITA, AMELIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 4 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
AMELIA SAGITA_2184205026_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
SKRIPSI_AMELIA_SAGITA_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
SKRIPSI_AMELIA_2184205026_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (818kB) |
|
|
Text (BAB 2)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (374kB) |
|
|
Text (BAB 3)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
AMELIA SAGITA_2184205026_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (291kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
AMELIA SAGITA_2184205026_REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest yang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model TGT secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai posttest rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,85 yang termasuk kategori sangat baik, dibandingkan kelas kontrol sebesar 75,00. Uji statistik menunjukkan p-value < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang bermakna dari kedua model pembelajaran ini terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang aktif dan kooperatif dapat meningkatkan kualitas berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Siti Darwa Suryani,M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Model TGT,Pembelajaran Kooperatif, Berfikir Kritis, Biologi |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Sarah Mentari Utama |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:25 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 04:25 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

