PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN BAHAN AJAR BERBASIS TEMPLATE DI KELAS IX SMPN 21 BENGKULU UTARA

WAHYUNI, RITA BERKAH TRI (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN BAHAN AJAR BERBASIS TEMPLATE DI KELAS IX SMPN 21 BENGKULU UTARA. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version

Download (671kB)
[img] Text (BAB 2)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB 3)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
RITA BERKAH TRI WAHYUNI_2388113003_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX-A SMPN 21 Bengkulu Utara melalui penggunaan bahan ajar berbasis template cerpen. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerpen siswa yang ditandai dengan kurangnya pemahaman terhadap struktur cerpen, lemahnya pengembangan konflik dan penyelesaian, serta minimnya kreativitas dalam menulis. Pada siklus I, tindakan difokuskan pada pengenalan dan penggunaan template cerpen sebagai panduan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun siswa mulai memahami struktur dasar cerpen, hasil belajar belum mencapai target ketuntasan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 73,12 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,87%. Refleksi terhadap siklus I menjadi dasar untuk penyempurnaan tindakan pada siklus II, seperti penambahan contoh cerpen lengkap, penguatan pertanyaan pemandu dalam template, dan peningkatan bimbingan individual. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 82,31 dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 84,37%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis template secara efektif membantu siswa dalam menyusun teks cerpen secara sistematis dan kreatif. Selain itu, pembelajaran ini juga mendorong peningkatan motivasi, kepercayaan diri, dan minat siswa terhadap kegiatan menulis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis template merupakan bahan ajar pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa di jenjang SMP.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hasmi Suyuthi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, kemampuan menulis, penelitian tindakan kelas, template, teks cerpen
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia
09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:53
Last Modified: 24 Sep 2025 06:53
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item