YUNI, RISTI (2025) PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI KELAS X ASISTEN KEPERAWATAN SMKS 3 IDHATA CURUP. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
Risti Yuni_ 2388113016_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
Risti Yuni_ 2388113016_Turnitin Akhir .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Risti Yuni_ 2388113016_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Risti Yuni_ 2388113016_BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Risti Yuni_ 2388113016_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Risti Yuni_ 2388113016_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (_BAB 5)
Risti Yuni_ 2388113016_BAB V.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
Risti Yuni_ 2388113016_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media canva dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas X Asisten Keperawatan SMKS 3 Idhata Curup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen tes menulis teks prosedur dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kecenderungan umum serta tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur setelah pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif dan kemudian diinterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X Asisten Keperawatan SMKS 3 Idhata Curup berada pada kategori Baik Sekali. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan persentase sebesar 96,16%, yang jika dikonsultasikan pada kriteria skala empat termasuk dalam interval 86%–100%, sehingga mencerminkan tingkat penguasaan yang sangat baik. Selain itu, penerapan media digital Canva dalam pembelajaran menulis teks prosedur juga memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa. Persentase capaian sebesar 90,63% menempatkan hasil tersebut pada kategori Baik Sekali dalam kriteria skala empat. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa penggunaan media digital Canva merupakan salah satu alternatif yang efektif dan relevan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X Asisten Keperawatan di SMKS 3 Idhata Curup. Saran sebagai bahan pertimbangan, meskipun kemampuan menulis teks prosedur siswa telah berada pada kategori baik sekali, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan tetap terus mengasah kemampuan tersebut melalui pemberian berbagai latihan menulis secara berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eli Rustinar, M. Hum. Dr. Adi Asmara, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | canva, menulis, teks prosedur. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 88113-(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 05:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 05:16 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |