PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELARAN PAI DI SMP N 13 BENGKULU

Tilla, Nadia Mardot (2024) PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELARAN PAI DI SMP N 13 BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Jurnal Repository)
nadia.docx 1.pdf - Submitted Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI NADIA CETAK BUKU.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu mengenai peserta didik yang cenderung kurang memahami pembelajaran dan hanya terpaku oleh penjelasan yang disampaikan oleh pendidik, sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, juga kurang adanya usaha dari peserta didik untuk memperluas pengetahuannya dengan mencari pemahaman dari sumber belajar lain. Akibatnya pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan hanya pendidik yang berperan aktif, selain itu pengetahuan peserta didik mengenai suatu materi cukup sempit dan hal ini sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran karena peserta didik tidak berkontribusi dalam pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana proses pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 13 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk membuktikan Teknik analisa data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) pendekatan konstruktivisme di SMP N 13 Kota Bengkulu dimulai dengan penyusunan perangkat pembelajaran, media, bahan ajar, dan administrasi pembelajaran. Implementasi Pembelajaran PAI di kelas VII menggunakan pendekatan konstruktivisme dilakukan dalam empat tahap yaitu memancing keingin tahuan, melakukan penyelidikan, memaparkan konsep, serta mengkondisikan kelas. Ini termasuk menumbuhkan ke ingin tahuan dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang masalah sehari-hari, melakukan penyelidikan dengan memberikan masalah kepada siswa kemudian mereka berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut, memaparkan konsep dengan melakukan presentasi di mana guru bertanggung jawab untuk mendukung konsep, dan mengondisikan Kognisi, afektif, dan psikomotorik dievaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing: Lety Febriana, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontruktivisme, PAI
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Divisions: 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Anugrah Raffli
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:00
Last Modified: 28 Aug 2024 03:00
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item