IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 4 BENGKULU TENGAH

Sugiyanti, Kholifah (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 4 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_Turnitin .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB I)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version

Download (754kB)
[img] Text (BAB II)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB II..pdf - Submitted Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (152kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemampuan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini viiidalah quasi eksperimen. Menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok viiidalahviii. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes soal pilihan ganda sebanyak 15 soal untuk mengetahui kemampuan hasil belajar dan kuesioner sebanyak 20 pernyataan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini viiidalah mmenggunakan uji-t. Hasil dari uji-t bahwa sig.(2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa SMP N 4 Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 Dr. Merri Sri Hartati, M. Pd Pembimbing 2 Meti Herlina, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 20 Sep 2025 04:18
Last Modified: 20 Sep 2025 04:18
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item