Sugiyanti, Kholifah (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 4 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_Turnitin .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB I)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (754kB) |
|
|
Text (BAB II)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB II..pdf - Submitted Version Download (245kB) |
|
|
Text (BAB III)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_BAB V.pdf - Submitted Version Download (152kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Kholifah Sugiyanti_2184205025_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemampuan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini viiidalah quasi eksperimen. Menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok viiidalahviii. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes soal pilihan ganda sebanyak 15 soal untuk mengetahui kemampuan hasil belajar dan kuesioner sebanyak 20 pernyataan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini viiidalah mmenggunakan uji-t. Hasil dari uji-t bahwa sig.(2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa SMP N 4 Bengkulu Tengah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1 Dr. Merri Sri Hartati, M. Pd Pembimbing 2 Meti Herlina, M. Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:18 |
| Last Modified: | 20 Sep 2025 04:18 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

