PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) (Studi Kasus Pengaduan Nomor 0131/LM/X/2023.BKL ke Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu)

Pratama, Wila Juliasti Putri (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) (Studi Kasus Pengaduan Nomor 0131/LM/X/2023.BKL ke Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Jurnal Repository)
Jurnal Wila Juliasti Putri Pratama.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Wila Juliasti Putri Pratama.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan tersebut diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum atau dengan kata lain perlindungan hukum adalah berbagai upaya hukum yang harus diberikan oleh aparat penegak hukum untuk memberikan rasa aman, baik secara pikiran maupun fisik dari gangguan dan berbagai ancaman dari pihak manapun, Konsumen merupakan pihak yang harus mendapatkan perlindungan agar proses transaksi berjalan dengan aman dan tidak ada kecurangan. Adapun tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum perusahaan listrik Negara (PLN) menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Ketenagalistrikan serta bagaimana mekanisme penyelesaian pengaduan masyakarat pengguna jasa PLN oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu terkait pemadaman listrik. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis Empiris, Berdasarkaan hasil Penelitian dapat disimpulkan : Pertama, Pelaksanaan pemenuhan pelayanan PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Arga Makmur terhadap konsumen pelanggan listrik belum cukup baik. Kedua Masyarakat di Arga Makmur belum mengetahui adanya kompensasi atas kerugian dari pemadaman listrik sehingga mereka hanya mengharapakan PT PLN Arga Makmur memberikan pemberitahuan jika akan terjadinya pemadaman listrik. Ketiga langkah yang dilakukan Ombudsman atas pengaduan mengenai pelayanan publik yang kurang baik oleh PT PLN Arga Makmur adalah dengan memberikan arahan agar pihak PLN dapat memberikan inffformasi jika akan terjadi pemadaman lidtrik.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing: Betra Sarianti, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum,Konsumen,Listrik,PT PLN
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum
06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum
Divisions: 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum
Subjek Terkait > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Anugrah Raffli
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:11
Last Modified: 28 Aug 2024 02:11
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item