Haryani, Dini (2024) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN KEMASAN KADALUWARSA MENURUT UU NO 8 TAHUN 1999 (Studi Kasus Toko Udin Pasar Minggu Kota Bengkulu). Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Jurnal Repository)
Jurnal Dini Haryani.pdf - Submitted Version Download (766kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI Dini Haryani.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen terhadap makanan kemasan kadaluwarsa berdasarkan Undang�undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui tanggung jawab hukum terhadap konsumen korban produk makanan kadaluwarsa. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan jenis penelitian hukum normatif berupa penelitian kepustakaan yang menggunakan tiga bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum kepustakan yang berarti akan lebih banyak menelaah dan mengakaji aturan-aturan hukum yang ada dan berlaku pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statue aprroach) dan pendekatan kasus (case approach). Penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen mengenai peredaran makanan kadaluwarsa ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha atas kerugian yang diderita konsumen.Tentang Perlindungan konsumen dalam pasal 1 (1) yaitu “segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindunagn kepada konsumen”. Hasil penelitian menunjukkan tanggung jawab pelaku usaha terhadap produk makanan dan minuman kadaluwarsa tercantum dalam pasal 19 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen inti dari pasal diatas adalah pelaku usaha bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul dari hasil produk atau jasa. Seperti yang disebutkan pada pasal 19 ayat (1) Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Berdasarkan ayat 2 pasal yang sama ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapt berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan atau jasa yang sejenis atau setra nilainya, atau perawatan kesehatan dan atau pemberian santunan.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Betra Sarianti, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Makanan, Kadaluwarsa. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum |
Divisions: | 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum Subjek Terkait > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Anugrah Raffli |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 06:35 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |