Trianita, Evi (2025) PERAN GURU SEBAGAI AGEN SOSIALISASI DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SOSIAL YANG SEHAT DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 15 KOTA BENGKULU). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Evi Trianita_2169201002_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
Evi Trianita_2169201002_ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
Evi Trianita_2169201002_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Evi Trianita_2169201002_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (165kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Evi Trianita_2169201002_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Evi Trianita_2169201002_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Evi Trianita_2169201002_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
Evi Trianita_2169201002_ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai agen sosialisasi dalam menciptakan lingkungan sosial yang sehat di sekolah SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian yang digunakan yaitu peran guru sebagai agen sosialisasi dalam menciptakan lingkungan sosial yang sehat di SMP 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengunakan dua sumber data primer dan skunder. Dalam menentukan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang mengunakan peneliti yaitu, uji credibility, transferability, dependability, dan confrimbability. Peneliti mengunakan analisis data berupa, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan teori sosialisasi, yang dikemukakan oleh George Hebert Mead, analisis yang telah dilakukan oleh peneliti dengan mengunakan teori sosialisasi bahwa terdapat beberapa tahap persiapan tahap ini terdiri dari 4 tahap persiapan diantaranya: peran guru dalam menciptakan lingkungan sosial yang sehat melalui inovasi Gasing Raja (Satgas Konseling Digital Remaja Cempaka), tahap meniru, pada tahap ini yang dilakukan adalah peran guru dalam menciptakan lingkungan sosial yang sehat melaui Program Pik-r, tahap bertindak, yaitu peran guru dalam memaksimalkan mata pelajaran PKN untuk menciptakan lingkungan sosial yang sehat dan terakhir tahap morma kolektif, pada tahap ini merupakan tahap dari pemgabungan dari tahapan -tahapan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr. Linda Safitra, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Peran guru, Sekolah, George Hebert Mead. |
Subjects: | H-Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:18 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:18 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |