SARI, FITRI YUNITA (2025) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MIFTAH MAULANA HABIBURRAHMAN DALAM MEDIA ONLINE: STUDI KASUS KONTROVERSI PERNYATAAN TERHADAP PENJUAL ES TEH PADA ACARA MAGELANG BERSHOLAWAT. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (28MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab I)
FITRI YUNITAS SARI 2170233011 BAB 1.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 2)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 BAB 2.pdf - Submitted Version Download (235kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
FITRI YUNITAS SARI 2170233011 BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 BAB 5.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
![]() |
Text (Referensi + Lampiran)
FITRI YUNITA SARI 2170233011 REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Latar Belakang Penelitian ini adalah Pemberitaan berbagai media online tentang pernyataan Miftah Maulana Habiburrahman kepada penjual es teh yang mengungkapkan perspektif yang berbeda-beda, Tujuan dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis framing yang digunakan beberapa media dalam mebingkai pemberitaan tersebut. Landasan teori yang diterapkan merujuk pada teori framing yang dikembangkan oleh Robert N. Entman, yang menjelaskan bagaimana media menyusun informasi untuk membentuk pemahaman publik mengenai suatu peristiwa atau isu. Pendekatan ini mengarah pada analisis tentang bagaimana aspek tertentu dari berita dapat dipilih atau disajikan dengan cara yang memengaruhi interpretasi audiens terhadap fakta yang ada. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dari empat media terpercaya yaitu www.kompas.com, news.detik.com, www.liputan6.com dan www.tempo.com, dengan menggunakan instrument penelitian wawancara dan observasi, atau eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Kompas.com dan Liputan6.com menggunakan framing Miftah sebagai tokoh yang tidak mencerminkan seorang pemuka agama, sedangkan media Detik.com menggunakan framing posisi Miftah sebagai tokoh utusan presiden dan tanggapan PBNU serta ketua DPR RI. Disisi lain media Tempo.com justru menggunakan framing kasus Miftah sebagai pembelajaran untuk kontrol diri dan memperbaiki kesalahan. Setiap media memiliki sudut pandang dan penilaian tersendiri dalam membingkai sebuah berita. Hasil konstruksi dari realitas sosial yang ada, latar belakang dan ideologi media yang berbeda, serta pemilihan sudut pandang berita menjadi faktor mengapa setiap media berbeda pengemasan pemberitaannya. Maka dari itu media diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan berbagai informasi faktual kepada khalayak, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap suatu berita
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Rasman, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Framing, Kontroversi Miftah, Media Online |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 70233-(S1) Komunikasi dan Penyiaran Agama Islam 05-Fakultas Agama Islam > 70233-(S1) Komunikasi dan Penyiaran Agama Islam |
Divisions: | 05-Fakultas Agama Islam > 70233-(S1) Komunikasi dan Penyiaran Agama Islam Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 70233-(S1) Komunikasi dan Penyiaran Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:12 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:12 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |